Nexus 7, Tablet Android Google Berkinerja Tinggi

Penggunaan tablet PC semakin meluas. Tak hanya jadi sekadar perangkat untuk membaca buku elektronik, kini tablet menjadi perangkat komunikasi mobile yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan gaya hidup digital pengguna. Dari menjelajah internet, menyaksikan video HD, sampai bermain game terkini.

Dari sisi dimensi, tablet PC juga kian beragam. Tidak hanya berukuran ‘bongsor’ misalnya 10 inci yang terbukti merepotkan saat digenggam pengguna yang sedang di perjalanan. Buktinya, menggandeng ASUS, Google si pemilik ekosistem, platform, dan sistem operasi Android menghadirkan Nexus 7 ke pasaran. 
Pertama dengan Jelly Bean
Sebagai tablet PC 7 inci resmi pertama yang dihadirkan Google, Nexus 7 punya hak istimewa sebagai tablet pertama yang diperkuat OS Android 4.1 atau JellyBean. Dibanding Android terdahulu, Jelly Bean menawarkan update signifikan dari sisi peningkatan kinerja, fungsionalitas, dan antar muka.

Sebagai perangkat yang menyandang nama Nexus, Nexus 7 juga menghadirkan pengalaman ‘pure Android’ pada pengguna karena ia hadir dengan OS Android dari Google, terbebas dari modifikasi yang biasa dilakukan oleh produsen ataupun operator selular.

Nexus sendiri merupakan predikat bagi perangkat kelas atas Android. Kelebihannya, perangkat yang menyandang nama Nexus adalah perangkat pertama yang mendapat update jika Google menghadirkan OS baru. Ini membuat OS Nexus 7 juga bisa diupgrade ke Jelly Bean 4.2 yang telah disempurnakan.

Didesain untuk Kepuasan Penggunaan

Dari sisi perangkat, meski Nexus 7 lebih ringkas namun relatif lebih nyaman saat berada dalam genggaman, ia punya spesifikasi yang tak kalah kuat dibanding tablet berukuran 10 inci yang sudah lebih dulu hadir.

Sebagai contoh, Nexus 7 menggunakan prosesor quad core Nvidia Tegra 3 berkecepatan 1,3GHz. Prosesor yang mampu menjalankan aplikasi ataupun game-game terbaru dengan gambar sekelas bermain di konsol game.

Layar 7 inci yang dihadirkan juga berteknologi IPS untuk menghadirkan visual sempurna dalam sudut pandang yang sangat luas, hingga 178 derajat.  IPS, ditambah teknologi ASUS TrueVivid, akan membuat gambar ditampilkan dengan jernih dan pada kontras warna yang sangat baik.

Display beresolusi HD (1280x800 piksel) yang digunakan pada Nexus 7 juga diperkuat lapisan Corning Fit Glass yang cukup mampu menangkis goresan. Layar ini juga mampu mendukung multitouch hingga 10 jari secara simultan.

Dari sisi memori, RAM 1GB, ditambah penyimpanan internal 32GB membuat pengguna bisa menginstalasikan aplikasi atau menyimpan konten digital yang diunduh lewat konektivitas WiFi 802.11 b/g/n ataupun Bluetooth V3.0 dengan leluasa.

Yang menarik, seluruh kelebihan yang ditawarkan Google dari sisi sistem operasi dan aplikasi serta hardware berkinerja tinggi yang disediakan ASUS tidak membuat Nexus 7 menjadi tablet yang harganya menjulang tinggi. Di Indonesia, Nexus 7 dipasarkan di harga yang terjangkau yakni Rp2,9 juta saja. Jadi, jika tablet PC yang Anda butuhkan merupakan sebuah tablet ringkas namun bertenaga, pastikan tablet PC Anda adalah Nexus 7.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment